3 Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Paling Simpel

Posted on

Aplikasi di laptop terkadang tidak dipakai lagi, entah karena eror atau sudah lama tidak dibuka. Jika begitu, lebih baik aplikasi di hapus atau uninstall saja. Cara uninstall aplikasi di laptop juga terbilang mudah. Daripada menumpuk, lebih baik di uninstall saja untuk mengurangi daya RAM.

Jangan mengira bahwa uninstall aplikasi di laptop itu rumit karena sebenarnya hanya butuh beberapa langkah saja. Memang untuk yang baru saja menggunakan laptop akan sedikit kebingungan untuk melakukan uninstall. Maka dari itu, simak baik-baik beberapa cara di bawah ini.

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop

3 Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Paling Simpel
3 Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Paling Simpel

Untuk cara uninstall aplikasi ini ada 3 pilihan. Semuanya memiliki kemudahan tersendiri dan orang-orang bisa memilih sesuai dengan kemauan. Hapus aplikasi di laptop ini tidak membutuhkan aplikasi tambahan jadi semuanya dilakukan dengan sistem bawaan. 

Cara ini bisa diterapkan oleh semua laptop terutama yang memakai Windows:

1. Uninstall Melalui Menu Start

Di dalam laptop dengan OS Windows, maka menu Start merupakan sebuah opsi yang akan menampilkan banyak sekali fungsi dan pilihan. Salah satunya adalah untuk uninstall aplikasi yang ada di laptop. Cara ini bisa dibilang adalah cara yang paling simpel dan paling banyak diterapkan. 

Dengan menu Start, maka pengguna bisa mencari berbagai aplikasi dengan mudah. Dari situlah sistem uninstall aplikasi bisa mulai dilakukan. Hanya butuh beberapa langkah saja untuk menerapkan cara yang satu ini:

  • Pertama klik saja menu Start pada bagian pojok kiri bawah. Pada menu pencarian, langsung saja cari nama aplikasi yang akan di uninstall 
  • Saat aplikasi sudah muncul, maka langsung klik kanan pada nama aplikasi tersebut. Akan muncul beberapa opsi, namun langsung saja pilih opsi Uninstall
  • Jika muncul pop up peringatan tentang Uninstall, pilih saja tombol Uninstall sekali lagi
  • Tunggu prosesnya hingga selesai dan jika sudah aplikasi sudah tidak akan bisa ditemukan lagi.

2. Uninstall Melalui Settings

Cara uninstall aplikasi di laptop selanjutnya adalah dengan mengakses pengaturan. Tidak ingin kalah dari cara sebelumnya, melalui setting di OS Windows ini aplikasi bisa dihapus dengan sangat mudah. Cara ini lebih dikhususkan untuk para pengguna Windows 10.

Untuk akses menu Apps & Features paling mudah adalah dari Windows 10. Bukan berarti Windows versi bawah tidak bisa menerapkan cara ini. Namun jika menggunakan versi Windows 10  cara ini akan terlihat sangat sederhana.

  • Klik menu Start lalu langsung saja pilih opsi menu Apps & Features. Nantinya, akan muncul daftar semua aplikasi yang terinstal di laptop.
  • Pilih saja aplikasi yang akan di hapus atau di uninstall. Klik pada aplikasi, lalu akan muncul opsi Uninstall. Pilih saja opsi tersebut dan tunggu hingga prosesnya selesai. 
  • Jika aplikasi berhasil di hapus, maka tidak akan muncul lagi dalam daftar.

3. Uninstall Melalui Control Panel

Cara uninstall aplikasi mudah selanjutnya adalah dengan menggunakan fitur Control Panel. Fitur yang satu ini memang punya fungsi yang beragam dan salah satunya adalah untuk hapus aplikasi.

  • Pergi ke menu Control Panel dan pilih opsi menu Programs. Selanjutnya adalah opsi Programs and Features dan Uninstall a Programs.
  • Di sana akan muncul semua aplikasi di laptop, pilih saja aplikasi yang akan dihapus. Jika sudah ketemu aplikasi yang akan dihapus, lakukan double klik pada nama aplikasi dan pilih opsi Yes.

Tidak ada metode yang rumit untuk uninstall aplikasi di laptop. Cara uninstall aplikasi di laptop memang simpel. Bahkan, yang belum pernah melakukan uninstall sebelumnya akan langsung bisa menerapkan cara penghapusan aplikasi ini.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published.