Cara Menyimpan Foto dan Video dengan Aman di Android

Posted on

Menyimpan gambar atau video sensitif di ponsel pintar Android Anda? Anda harus mempertimbangkan untuk melindungi mereka dari mata-mata, apakah koleksi Anda terdiri dari pindaian dokumen pajak, catatan vaksinasi, atau video pribadi.

Folder aman memerlukan verifikasi tambahan – biasanya PIN atau data biometrik seperti sidik jari – untuk mendapatkan akses. Pada ponsel Samsung, fitur ini dikenal sebagai Folder Aman. Di Pixel dan ponsel Android lainnya, Anda dapat menggunakan Folder Kunci Foto Google untuk tujuan yang sama.

Cara Menyimpan Foto dan Video dengan Aman di Android
Cara Menyimpan Foto dan Video dengan Aman di Android

Penyiapan hanya membutuhkan beberapa menit. Begini caranya.

Cara mengatur folder aman Samsung

Folder Aman tersedia di ponsel Samsung kelas atas sejak S6 – Anda akan tahu ponsel Anda tidak mendukung fitur tersebut jika Anda tidak melihat opsi di Pengaturan.

Untuk mengaktifkan fitur ini, buka aplikasi Pengaturan dan pilih Biometrik & Keamanan. Lalu ketuk Folder Aman.

Setelah menyetujui persyaratan dan masuk dengan akun Samsung atau Google, layar “Membuat Folder Aman” akan muncul. Layar kedua akan muncul, meminta Anda untuk memilih jenis kunci untuk folder tersebut. Kata sandi paling aman, diikuti dengan PIN dan kemudian pola. Anda juga dapat mengaktifkan kunci biometrik.

Sekarang Anda dapat menggunakan Folder Aman untuk memindahkan tidak hanya foto dan video rahasia, tetapi juga jenis file lainnya. Anda juga dapat menambahkan file langsung ke Folder Aman, serta menginstal aplikasi – yang terakhir berguna jika Anda, katakanlah, ingin mencegah orang lain mengetahui di mana Anda menyimpan. Anda pada dasarnya berada di kotak pasir terpisah yang membuat data tersimpan Anda terpisah dari perangkat Anda lainnya.

Secara default, apa pun di Folder Aman tidak disalin ke cloud – Anda harus mengonfigurasinya sendiri. Saat berada di Folder Aman, buka Pengaturan > Cadangkan & Pulihkan. Anda memerlukan akun Samsung untuk menyiapkan pencadangan (baik otomatis maupun manual).

Cara mengonfigurasi folder terkunci di Google Foto

Keuntungan utama Google dibandingkan Samsung adalah folder terkuncinya tersedia untuk ponsel non-Samsung, dengan dukungan perangkat yang terus meningkat. Namun, Foto Google hanya mendukung foto dan video, dan apa pun di folder terkunci Anda juga hanya disimpan di ponsel Anda. (Untuk jenis file lain, Anda harus menggunakan Folder Aman di Google Files.)

Ini berarti bahwa jika Anda mengaktifkan pencadangan otomatis di Google Foto, semua file di folder terkunci Anda tidak akan disinkronkan ke cloud. Anda akan kehilangan foto-foto ini jika Anda menghapus ponsel, mencopot pemasangan aplikasi Google Foto, atau menghapus data aplikasi. Anda harus mengunggahnya secara manual ke layanan saat mereka berada di luar folder terkunci Anda. Jika Anda lebih suka sinkronisasi cloud dengan akses terbatas ke file yang dipilih, coba OneDrive dan fitur Personal Vault-nya.

Untuk menyiapkan folder terkunci, buka aplikasi Google Foto. Ketuk Perpustakaan di bagian bawah layar, lalu ketuk Utilitas di kanan atas. Temukan folder yang terkunci dan ketuk untuk memulai proses penyiapan. Anda akan mengulangi navigasi yang sama ini untuk mengakses folder terkunci Anda nanti.

Setelah folder terkunci siap, Anda dapat mentransfer foto dan video dengan menekan dan memilih file, mengetuk ikon tiga titik di kanan atas layar dan memilih Pindahkan ke folder terkunci.

Ponsel cerdas Pixel (Pixel 3 dan yang lebih baru) juga dapat mengambil foto atau video langsung ke folder yang terkunci. Di aplikasi Kamera, ketuk ikon folder di kanan atas layar dan pilih Folder terkunci. Apa pun yang Anda ambil akan disimpan langsung ke folder ini, mengurangi jumlah langkah yang diperlukan untuk memastikan privasi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.