3 Cara Mengunci Aplikasi di Android Terbaru

Posted on

Semakin canggih sebuah ponsel, sistem keamanannya juga semakin baik. Tak terkecuali keamanan soal privasi aplikasi. Saat ini banyak ponsel yang sudah mendukung kunci aplikasi langsung dari pengaturan. Cara mengunci aplikasi di Android ini juga sangat mudah untuk diterapkan.

Bagi ponsel yang belum mendukung sistem kunci aplikasi langsung, tenang saja karena masih bisa menggunakan cara lain yaitu menggunakan aplikasi tambahan. Berikut beberapa cara yang bisa diterapkan dalam mengunci aplikasi tanpa aplikasi maupun menggunakan aplikasi tambahan. 

Cara Mengunci Aplikasi di Android

3 Cara Mengunci Aplikasi di Android Terbaru
3 Cara Mengunci Aplikasi di Android Terbaru

1. Kunci Aplikasi di Android 10

Cara mengunci sebuah aplikasi langsung dari ponsel Android ini dibagi menjadi dua, yaitu untuk OS terbaru dan yang lama. Secara garis besar, keduanya memiliki cara yang hampir sama namun ada beberapa tahapan yang berbeda. 

Bagi yang punya ponsel dengan OS terbaru bisa menggunakan cara ini. Android 10 adalah salah versi terbaru dari OS yang digunakan oleh kebanyakan ponsel Android saat ini. Versi Android yang satu ini tentunya sudah mendukung kunci aplikasi langsung dari pengaturan. 

Jadi seseorang tidak perlu lagi download aplikasi tambahan di Play Store. Proses kunci aplikasi ini disebut dengan Pinning. Metode yang harus dilakukan oleh setiap pengguna tidak terlalu rumit jadi tidak perlu khawatir bagi yang masih awam. Berikut cara kunci aplikasi Android secara langsung:

  • Pertama langsung menuju ke Pengaturan atau setelan dalam ponsel. Cari menu Security atau Keamanan, lalu menuju opsi Other Security.
  • Scroll ke bawah untuk mendapati opsi menu Advanced. Di sana akan toggle Screen Pinning dan langsung saja hidupkan toggle tersebut.
  • Pilih opsi menu Ask for PIN, lalu masukkan saja PIN keamanan ponsel. Selanjutnya adalah dengan memilih opsi Overview dan pilih aplikasi apa saja yang akan dikunci.
  • Masukkan saja PIN atau pola yang akan digunakan untuk mengamankan aplikasi. Jika sudah, tutup Pengaturan dan aplikasi sudah terkunci.

2. Kunci Aplikasi di Android 8

Cara mengunci aplikasi di Android 8 hampir sama dengan Android 10. Perbedaannya hanya terletak pada beberapa langkah saja. Jadi bagi yang masih menggunakan Android lama jangan khawatir.  Tidak ada metode yang akan merepotkan atau sulit di sini.

  • Pergi ke ke Pengaturan, lalu pilih Security. Masuk langsung ke Other Security dan pilih Pin Windows
  • Aktifkan screen pinning dengan memilih toggle. Lalu gunakan User Screen Lock Option dan selanjutnya tinggal pilih aplikasi yang akan dikunci. 
  • Masukkan dan pilih jenis pola sandi yang akan digunakan sesuai dengan keinginan. Dengan begini, maka aplikasi yang sudah dipilih sebelumnya sudah terkunci.

3. Mengunci Aplikasi dengan Aplikasi Tambahan

Untuk cara selanjutnya ini menggunakan bantuan aplikasi tambahan untuk mengunci sebuah aplikasi di Android. Bagi yang belum mendukung untuk pemasangan kunci aplikasi langsung, mau tidak mau harus menggunakan jasa aplikasi tambahan. 

Untuk mendapatkan aplikasi ini bisa langsung mengunjungi Play Store. Aplikasi pengunci Android cukup beragam, namun yang paling populer adalah AppLock Pro. Cara menggunakan aplikasi ini juga cukup mudah dan sangat sederhana.

  • Download dan instal aplikasinya di ponsel. Jika sudah, langsung saja buka aplikasinya dan pada tampilan awal pilih menu Secure Your Apps.
  • Pilih aplikasi yang akan dikunci, lalu tekan ikon gembok dan masukan pin atau pola untuk mengunci aplikasi.
  • Tutup aplikasinya dengan begini prosesnya sudah selesai.

Cara mengunci aplikasi di Android ini sangat simpel dan mudah dipraktikkan. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua mendukung kunci aplikasi langsung. Ini juga tergantung dari seri ponsel dan juga OS yang digunakan pada ponsel.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published.