Cara menggunakan Google Documents atau Google Spreadsheet secara offline

Posted on

Aplikasi produktivitas berbasis cloud sangat berguna. Mereka menyinkronkan informasi Anda di semua perangkat dan, yang lebih penting, secara otomatis menyimpan perubahan apa pun. (Jika Anda tidak pernah tahu hari-hari gelap kehilangan pekerjaan karena Anda lupa menekan Ctrl+S secara berkala, hitung bintang keberuntungan Anda.)

Bagian keren tentang Google Documents, Google Spreadsheet, dan bahkan Google Slide adalah Anda dapat mengedit file secara offline. Ketika Anda tidak terhubung ke internet (atau pada koneksi terbatas atau buruk), Anda dapat melanjutkan apa yang Anda lakukan. Saat Anda menyambungkan kembali nanti, perubahan akan disinkronkan.

Cara menggunakan Google Documents atau Google Spreadsheet secara offline
Cara menggunakan Google Documents atau Google Spreadsheet secara offline

Mengaktifkan fitur ini cepat, yang berguna karena Anda harus mengaktifkannya per perangkat. Setelah Anda selesai melakukannya, alihkan dengan dokumen dengan satu klik. Begini caranya.

Di komputer desktop atau laptop (Windows, Linux, MacOS)

Agar mode offline di Google Documents atau Google Spreadsheet berfungsi, Anda harus menggunakan Chrome atau Edge dalam mode default. Opsi ini tidak muncul di Firefox atau Opera – meskipun yang terakhir adalah browser berbasis Chromium. Ini juga tidak akan berfungsi dalam mode penyamaran.

Anda dapat mengaktifkan fitur ini dengan dua cara:

Buka docs.google.com atau sheet.google.com dan klik ikon menu hamburger di sudut kiri atas layar. Di bagian Offline, klik tombol sakelar.
Di file Google Dokumen atau Spreadsheet, buka File > Jadikan Tersedia Offline.

Agar kedua metode berfungsi, Anda harus terhubung ke Internet. Jika Anda memerlukan ekstensi Google Documents Offline, Anda akan diminta untuk memasangnya. Setelah ini selesai, Anda dapat mengaktifkan mode offline.

Setelah fitur aktif, Anda akan mengaktifkannya per dokumen. Navigasikan ke Google Documents atau Google Spreadsheet dan klik kanan file atau buka File > Jadikan Tersedia Offline di dokumen terbuka. Untuk menonaktifkan akses offline, gunakan salah satu perintah yang sama.

Anda harus mengulangi langkah-langkah ini untuk setiap komputer yang Anda gunakan. Ini mungkin tampak seperti gangguan, tetapi sebenarnya ini adalah fitur keamanan yang layak. Semua file offline Anda akan disimpan secara lokal, memastikan bahwa hanya dokumen tertentu yang diambil dari cloud. Anda tidak perlu khawatir tentang salinan dokumen rahasia yang tertinggal di setiap komputer yang Anda gunakan.

Di Android atau iOS

Di aplikasi Google Dokumen, Spreadsheet, atau Slide, Anda dapat memilih untuk membuat semua file terbaru Anda tersedia secara offline, file tertentu tersedia secara offline, atau keduanya.

Untuk file terbaru, ketuk ikon menu hamburger di sudut kiri atas aplikasi dan pilih Pengaturan. Jika sakelar berwarna biru, pengaturan sudah diaktifkan, jika tidak, ketuk untuk mengaktifkannya.

Untuk file tertentu, Anda dapat mengetuk ikon tiga titik untuk setiap file di layar utama aplikasi (ditemukan di sebelah nama file) atau di sudut kanan atas layar saat file dibuka. Ketuk Tersedia online untuk mengaktifkan fitur tersebut. Anda akan melihat tanda centang hijau atau sakelar biru saat diaktifkan.

Anda dapat melihat semua file yang tersedia secara offline dengan mengetuk ikon menu hamburger di layar utama aplikasi dan memilih Offline.

Untuk menonaktifkan akses offline, ulangi perintah di atas. Tanda centang hijau akan hilang atau sakelar akan menjadi abu-abu saat akses offline dinonaktifkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.