Cara Menggunakan Dikte Suara di Google Documents

Posted on

Dikte suara tidak digunakan untuk membuat artikel ini menggunakan pengetikan suara Google Documents, tetapi bisa saja. Layanan ini sebenarnya sangat akurat dan cukup fleksibel, berkat penyertaan perintah pemformatan dan pengeditan dasar oleh Google. Ada alasan mengapa penawaran Google tetap menjadi andalan dalam kumpulan rangkaian Office gratis terbaik kami.

Cara Menggunakan Dikte Suara di Google Documents
Cara Menggunakan Dikte Suara di Google Documents

Namun, ada penundaan yang melekat antara mengeluarkan dan menjalankan perintah yang membuat fitur kurang ideal untuk bentuk konten yang lebih panjang, di mana mungkin ada banyak teks atau perubahan format kecuali Anda memiliki kesabaran tak terbatas. Tapi itu adalah alat yang solid untuk membuat dokumen seperti catatan, item agenda, ringkasan rapat, atau bahkan draf email pertama.

Pertama

Sebelum Anda dapat menggunakan dikte, Anda memerlukan beberapa hal: versi terbaru Google Chrome dan mikrofon yang berfungsi yang tersambung ke komputer Anda. Bukan penggemar Chrome? Fitur ini juga berfungsi di Microsoft Edge.

Untuk memulai, buka file Google Documents baru di Google Drive atau Google Documents. Setelah berada di dokumen baru, buka menu atas dan pilih Alat > Pengetikan Suara atau tekan Ctrl+Shift+S pada keyboard Anda.

Jika Anda menavigasi ke Alat > Pengetikan Suara, jendela pop-up kecil akan muncul di sebelah kiri dokumen Anda dengan ikon mikrofon gelap di dalamnya. Klik pada mikrofon dan itu akan berubah menjadi merah. Jika Anda menggunakan pintasan keyboard, jendela pop-up akan berwarna merah. Saat Anda melihat warna ini, Anda dapat mulai mengucapkan teks Anda.

Saat Anda berbicara, jangan takut untuk berhenti sejenak dan memikirkan apa yang Anda katakan – Google akan menunggu Anda. Juga berbicara perlahan dan jelas untuk mengurangi jumlah kesalahan yang harus Anda perbaiki. (Google terkadang gagal sepenuhnya untuk menafsirkan apa yang Anda katakan, tidak peduli seberapa jelas Anda mengucapkannya.) Setelah selesai, klik mikrofon atau gunakan pintasan keyboard lagi untuk menonaktifkan layanan.

Jika mikrofon Anda tidak menangkap suara Anda, pastikan input Anda disetel ke perangkat yang benar. Untuk Windows 10 dan 11, Anda dapat melakukannya dengan cepat dengan mengklik kanan ikon volume pada bilah tugas dan memilih Buka Pengaturan Suara. Mikrofon aktif Anda akan ditampilkan di bagian input. Jika perlu, gunakan menu tarik-turun untuk mengubahnya.

Memformat dan Mengedit

Cara paling mudah untuk menerapkan pemformatan seperti huruf tebal atau miring adalah memulai dengan mendiktekan kalimat seperti “Saya lebih suka mengetik tangan”.

TIPS: Jangan lupa bahwa Anda harus mendiktekan tanda baca Anda, sehingga kalimat di atas diucapkan dengan lantang seperti “Saya lebih suka periode pengetikan manual”.

Lalu ucapkan “pilih ‘Saya lebih suka mengetik manual'”.

Diikuti oleh “terapkan miring” atau “terapkan judul dua”, atau apa pun format pilihan Anda.

Membuat daftar terperinci sedikit lebih alami karena Anda dapat mengatakan “buat daftar berpoin” atau “buat daftar bernomor”. Kemudian tentukan daftar Anda, dengan mengatakan “baris baru” di antara setiap item. Setelah selesai dengan daftar Anda, ucapkan “baris baru” dua kali untuk menyelesaikan pemformatan daftar.

Untungnya, Google juga menyertakan perintah “undo” yang sangat penting dalam pengetikan suara untuk saat-saat ketika Anda membuat kesalahan.

Satu hal terakhir yang perlu diingat adalah bahwa dikte suara Google seperti memiliki sekretaris digital Anda sendiri. Seorang sekretaris yang sangat literal. Jika Anda merasa frustrasi dan mulai bertanya pada diri sendiri pertanyaan seperti, “Apa yang baru saja terjadi?” Google tidak akan menyadari bahwa ini seharusnya tidak menjadi bagian dari dokumen Anda. Jadi berhati-hatilah dengan apa yang Anda katakan dan koreksi semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.