3 Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD, Anti Ribet

Posted on

Kecanggihan ponsel jaman sekarang memang semakin membuat banyak kegiatan menjadi mudah. Salah satunya, memindahkan aplikasi ke penyimpanan eksternal atau kartu SD. Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD ini adalah solusi bagi ponsel yang internalnya sudah sesak atau penuh. 

Dengan memindahkan beberapa aplikasi ke kartu SD, maka beban penyimpanan internal akan berkurang. Jika hal ini terjadi, maka ponsel akan lebih longgar secara penyimpanan dan juga tidak akan lemot lagi. Cara memindahkan aplikasi ini juga cukup mudah tanpa ribet sama sekali.

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD

3 Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Anti Ribet
3 Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Anti Ribet

Cara ini adalah sebuah opsi untuk memindahkan data aplikasi ke kartu SD. Memindahkan aplikasi Android ini punya beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama tidak semua aplikasi bisa dipindahkan ke kartu SD dan kedua data aplikasi bisa saja rusak jika dipindahkan ke kartu SD.

1. Memindahkan Aplikasi Tanpa Aplikasi

Cara pertama adalah memindahkan aplikasi tanpa bantuan aplikasi yang lain. Ponsel jaman sekarang rata-rata sudah canggih dan punya kemampuan untuk memindahkan aplikasi. 

Jadi cara yang satu ini bisa diterapkan oleh semua orang atau mereka yang menggunakan ponsel Android versi baru. Jangan khawatir dengan cara ini karena tidak ada metode yang ribet dan menyulitkan para pemula.  

Syaratnya hanya kartu SD yang sudah benar-benar terpasang di ponsel. Simak penjelasan sederhana di bawah ini agar bisa langsung mempraktikkannya:

  • Pilih aplikasi yang akan dipindahkan ke eksternal atau kartu SD. Tekan lama aplikasi hingga muncul beberapa opsi pilihan dan pilih saja opsi info aplikasi.
  • Nanti akan masuk dalam tampilan info aplikasi dan apabila aplikasi ini bisa dipindahkan ke kartu SD akan ada opsi untuk memindahkan penyimpanan
  • Pilih saja opsi tersebut dan tunggu proses pemindahan data dari internal ke eksternal selesai.

2. Memindahkan Aplikasi Menggunakan Aplikasi

Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD selanjutnya adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi. Cara yang satu ini banyak digunakan oleh mereka yang tidak tahu bahwa tanpa aplikasi sebenarnya bisa memindahkan aplikasi.

Namun, meski begitu memindahkan aplikasi melalui aplikasi ini juga memiliki beberapa keunggulan salah satunya adalah mampu mengecek aplikasi apa saja yang bisa dipindahkan dari internal ke eksternal. Nama aplikasi yang akan digunakan adalah AppMgr III.

  • Download dulu AppMgr III di Play Store dan jika sudah terinstal di ponsel langsung saja buka.
  • Sesudah masuk, maka langsung pilih opsi Moveable. Opsi ini adalah menu untuk melihat aplikasi apa saja yang bisa dipindahkan dari internal ke kartu SD.
  • Setelah muncul berbagai aplikasi yang bisa dipindahkan, maka langsung pilih aplikasinya dan tunggu hingga proses pemindahan selesai dilakukan.

3. Memindahkan Data Aplikasi ke Eksternal

Cara ketiga dan yang terakhir adalah dengan memindahkan data aplikasi dari penyimpanan internal ke kartu SD. Cara ini adalah yang paling berisiko karena memindahkan data aplikasi tidak bisa sembarangan. 

Syaratnya memang aplikasi yang ingin dipindah punya kemampuan membaca memori eksternal. 

  • Masuk ke File Manager lalu pilih folder Android. Dari sini, tinggal cari saja data aplikasi yang akan dipindahkan ke kartu SD. 
  • Pilih data yang sesuai dan bisa dipindahkan jangan sampai salah. Jika sudah ketemu data yang akan dipindah, maka ketuk lama hingga muncul opsi pindahkan.
  • Lalu pindahkan file data tersebut ke folder di kartu SD dengan begini maka data sudah terpindahkan.

Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD pada dasarnya memang sangat mudah, namun tidak semua aplikasi bisa dipindahkan datanya ke kartu SD. Biasanya, aplikasi yang dapat dipindah adalah aplikasi bawaan dan beberapa aplikasi game.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published.